Akhir Kisah Orang Nomor Dua di Al-Qaidah, Bertahun-tahun Diburu Intelijen AS

Orang kedua Al-Qaidah, yang dituduh membantu mendalangi pengeboman tahun 1998 di dua kedutaan besar Amerika Serikat di Afrika, dibunuh di Iran pada Agustus oleh agen Israel yang bertindak atas perintah AS. Demikian dilaporkan New York Times mengutip pejabat intelijen .

Abdullah Ahmad Abdullah, yang memiliki nama samaran Abu Muhammad al-Masri, ditembak mati oleh dua pria bersepeda motor di jalan Teheran pada 7 Agustus.

Pembunuhan Masri, yang dianggap sebagai penerus pemimpin Al-Qaidah saat ini, Ayman al-Zawahiri, dirahasiakan sampai sekarang.

Seorang sumber pejabat keamanan senior Afghanistan mengatakan kepada kantor berita Reuters, Masri, yang telah lama berada dalam daftar Teroris Paling Dicari Biro Investigasi Federal AS (FBI), telah dibunuh di daerah Pasdaran di Teheran. Namun Reuters tidak dapat memperkuat informasi tersebut.

Peran AS dalam pembunuhan militan kelahiran Mesir itu belum jelas. Namun dilaporkan AS telah melacak Masri dan anggota Al-Qaidah lainnya di Iran selama bertahun-tahun.

Leave a Reply