Beberapa Cara Mengatasi Darah Rendah Dengan Cepat

Alasra – Tekanan darah rendah atau hipotensi terjadi saat tekanan darah lebih rendah dari biasanya. Tekanan darah secara alami berubah sepanjang hari.

Tubuh manusia secara konstan menyesuaikan dan menyeimbangkan tekanan darah. Kondisi ini membantu memastikan setiap bagian tubuh kita. Termasuk otak, jantung, dan paru-paru mendapatkan banyak darah dan oksigen.

Cara mengatasi darah rendah dapat dilakukan bila menimbulkan gejala yang mengganggu. Karena tekanan darah rendah bisa dianggap normal. Ini mungkin tidak menyebabkan gejala apa pun atau menjadi perhatian serius.

Bahkan tekanan darah saja bisa berubah dengan posisi tubuh. Misalnya, jika Anda berdiri tiba-tiba, itu mungkin akan jatuh seketika.

Namun ada yang patut dianggap serius. Beberapa kondisi kesehatan dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

Lantaran terlalu sedikit darah dan oksigen yang menyuplai ke beberapa bagian tubuh. Sehingga diperlukan cara mengatasi darah rendah yang mudah ini, untuk mengurangi tanda dan gejala. Serta tetap bergantung pada usia, kesehatan, dan jenis tekanan darah rendah.

Berikut beberapa cara mengatasi darah rendah dengan mudah dan cepat, wajib anda dicoba :

  • Banyak Minum Air

Kekurangan Air Mengangkibatkan dehidrasi, karna itu bisa menyebabkan tekanan darah menjadi rendah. Beberapa orang mungkin mengalami hipotensi bahkan dengan dehidrasi ringan. Memperbanyak cairan tubuh, menjadi cara mengatasi darah rendah yang paling mudah dan ampuh.

Dehidrasi juga bisa muncul akibat kehilangan air terlalu cepat. Baik melalui muntah, diare parah, demam, olahraga berat, dan keringat berlebih. Efek samping dari obat-obatan, seperti diuretik juga dapat menyebabkan dehidrasi.

  • Makan Makanan yang Seimbang (Nutrisi)

Nutrisi yang seimbang dan cukup tentu menjadi kebutuhan bagi semua orang. Tekanan darah rendah dan efek samping lain bisa terjadi jika Anda tidak mendapatkan cukup nutrisi.

Kadar vitamin B-12 yang rendah, asam folat, dan zat besi dapat menyebabkan anemia.Hingga mampu menurunkan tekanan darah. Kondisi ini terjadi ketika tubuh Anda tidak dapat menghasilkan cukup darah. Cukupi kebutuhan nutrisi seimbang sesuai usia Anda.

  • Makanan yang Banyak Garam

Diet rendah natrium tidak baik untuk semua orang dengan masalah tekanan darah. Orang dengan tekanan darah rendah sebaiknya mempertimbangkan untuk meningkatkan asupan natrium atau garam.

  • Hindari Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol dapat menurunkan tekanan darah lebih lanjut. Karena menyebabkan dehidrasi. Serta berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, dan menyebabkan tekanan darah rendah semakin serius.

  • Silangkan Kaki Sambil Dukuk

Menyilangkan kaki sambil duduk terbukti meningkatkan tekanan darah. Bagi penderita tekanan darah tinggi, ini bisa menjadi masalah.

Terdengar sederhana, tapi bagi orang dengan gejala hipertensi, menyilangkan kaki ini dapat membantu meningkatkannya lagi. Baik duduk di kursi maupun di lantai.

  • Hindari Perubahan Posisi Mendadak

Cara mengatasi tekanan darah rendah selanjutnya, untuk mencegah terjadinya hipotensi ortostatik tadi. Duduk atau berdiri dengan cepat dapat menyebabkan perasaan pusing, pusing, atau kemungkinan pingsan pada orang dengan tekanan darah rendah.

Dalam kasus ini, jantung tidak mampu memompa cukup darah ke seluruh tubuh dengan cepat. Menjelaskan perubahan posisi atau ketinggian yang tiba-tiba atau mendadak. Sebaiknya, jika ingin beranjak dari posisi tidur, cobalah untuk memiringkan badan baru secara perlahan duduk sejenak dan berdiri.

  • Berolahraga secara teratur sekitar 30 sampai 60 menit sehari, akan meningkatkan kinerja dan kesehatan jantung. Atau latihan ketahanan dua atau tiga hari seminggu. Serta pastikan untuk tidak olahraga dalam kondisi panas dan lembab.

Itulah beberapa cara mengatasi darah rendah dengan cepat dan mudah. Jika Anda merasa tiba-tiba pusing, cobalah untuk duduk sejenak hingga mereda. Baru melakukan aktivitas.

Leave a Reply