Benjamin Netanyahu Menyatakan Kemenangan 4 Kali Dalam Pemilu Israel

Menang Pemilu, Benjamin Netanyahu Jadi Pemimpin Israel Terlama - Dunia  Tempo.co

Alasra.org – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengklaim kemenangan pada pemilu keempat dalam dua tahun terakhir.

Meski menang, Netanyahu dan partai konservatif Likud serta koalisinya tidak mendapat suara mayoritas.

Berdasarkan perhitungan exit polls dari tiga lembaga survei kredibel di Israel, Likud diprediksi mendapat 30 sampai 31 kursi parlemen. Total ada 120 kursi parlemen Israel.

Sedangkan jika dijumlah dengan koalisi sayap kanan, Netanyahu bakal mendapat 50 kursi. Jumlah itu kurang untuk membentuk pemerintahan baru.

Walau belum mendapat suara mayoritas, Netanyahu memuji kemenangan itu. Dia mengatakan, apa yang terjadi pada pemilu 2021 adalah kemenangan besar.

“Saya akan menjangkau seluruh pejabat yang memiliki prinsip sama,” kata Netanyahu seperti dikutip dari AFP.

“Saya tidak akan mengecualikan siapa pun,” sambung dia.
Netanyahu diprediksi bakal mengajak mantan anak didiknya Naftali Bennet. Diprediksi Bennet akan menerima ajakan Netanyahu membentuk pemerintahan.

Klaim kemenangan Netanyahu dibantah pemimpin oposisi Yair Lapid. Eks bintang tv yang memimpin partai tengah Yesh Atid kini ada di posisi dua di belakang Likud.

“Saat ini Netanyahu belum mendapat 61 kursi,” kata Lapid.

Lapid yakin hasil exit polls belum menunjukkan hasil pemilu sesungguhnya. Lapid percaya perhitungan suara pemilu Israel akan bergeser.

Israel selalu menggelar pemilu dalam empat tahun karena kekacauan politik. Netanyahu kerap gagal mempertahankan koalisi pemerintahannya.
Kegagalan tersebut berujung runtuhnya pemerintahan Israel.

Leave a Reply