Debat Kedua Pilkada Solo akan Digelar 3 Desember

Debat kedua atau terakhir Pilkada Solo, bakal digelar 3 Desember 2020. Kedua pasangan calon Giran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) bakal kembali beradu program.

“Debatnya kita tetapkan 3 Desember. Tempatnya belum kita tentukan. Temanya ‘Memajukan Surakarta sebagai Kota Budaya yang Inovatif dalam Keberagaman melalui Kolaborasi dan Penguatan Civil Society’,” ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, Nurul Sutarti, Rabu (11/11).

Nurul menyampaikan, pelaksanaan debat tersebut bertepatan pada H-6 sebelum pencoblosan, 9 Desember. Untuk penentuan tempat pihaknya pihaknya masih menghitung besaran anggaran yang dibutuhkan.

“Kami perlu menghitung besaran anggaran KPU yang tersedia terlebih dulu sebelum menentukan lokasi debat,” jelasnya.

Dengan tema yang berbeda, tim penyusun materi debat dipastikan juga berbeda. Kendati demikian mama-nama penyusun materi, masih dalam pembahasan. Nurul mengaku telah menerima masukan terkait pelaksanaan debat pertama. Masukan tersebut akan dijadikan bahan evaluasi,

“KPU sudah melakukan evaluasi debat perdana, berdasarkan adanya masukan dari masyarakat. Pada debat perdana, banyak yang bilang paslon tidak membahas materi yang mendalam,” terangnya.

“Mengenai membahas materi yang kurang mendalam terjadi karena segmen yang banyak. Sedangkan waktu menjawab kedua paslon singkat,” imbuh dia.

Selain materi, lanjut Nurul, pihaknya juga akan melakukan evaluasi terkait durasi waktu sesi tanya jawab, serta jumlah segmen yang dianggap terlalu banyak. Selain itu, segmen paslon tanya jawab pada sesi terakhir dianggap menjadikan debat tidak fokus.

“Apakah segmen debat nanti dipangkas atau tidak kami bicarakan dulu dengan tim kedua paslon,” papar Nurul