Karya Seni Renaisans Yang Paling Terkenal Dalam Seni Hingga Hari Ini

Karya Seni Renaisans Yang Paling Terkenal Dalam Seni Hingga Hari Ini

alasra.org – Karya seni Renaisans yang paling terkenal dimenandai periode revolusi dalam seni yang belum ada bandingannya hingga hari ini. Renaisans berlangsung selama tiga abad dari abad ke-14 M hingga abad ke-17 M dan menandai ledakan penciptaan karya seni berbasis klasik yang telah teruji oleh waktu.

Yang paling menonjol dari Renaisans adalah para senimannya dan kembalinya mereka ke pemikiran klasik dan filosofi Yunani dan Romawi kuno. Tokoh Renaisans dalam bidang seni seperti Da Vinci, Michelangelo, Botticelli dan Raphael, kini semuanya dianggap jenius.

Mereka memiliki kontribusi yang luar biasa terhadap seni, humaniora, sains, dan filsafat dunia. Karya seni Renaisans melompat jauh ke depan dalam hal bahan dan teknik. Perspektif linier dan representasi anatomi digambarkan dengan sangat akurat dengan bentuk manusia yang sangat menonjol.

Banyak karya besar didanai oleh pedagang kaya atau ditugaskan oleh gereja Katolik, berikut ini daftar karya seni Renaisans yang paling terkenal, menurut Artst.

Mona Lisa

Karya Seni Renaisans Yang Paling Terkenal Dalam Seni Hingga Hari Ini

Mona Lisa dapat dianggap sebagai lukisan paling terkenal di dunia dan juga senyum paling terkenal. Terkenal sebagai seniman besar dunia saat ini, Leonardo Da Vinci menyelesaikan relatif sedikit karya, dibandingkan dengan pendukung produktif lainnya saat itu.

Namun, semua karyanya dianggap sebagai karya agung sejati, yang merupakan penghargaan yang diberikan kepada sangat sedikit orang. Mona Lisa adalah potret setengah tinggi dan diyakini sebagai Lisa Gherardini yang merupakan istri seorang pedagang Florentine kaya bernama Francesco del Giocondo.

Mona Lisa sekarang dimiliki oleh publik Perancis dan dipajang di Louvre, dipercaya untuk publik dan tidak akan pernah bisa dijual. Lukisan ini pernah dicuri oleh seorang karyawan Italia, dan dibawa kembali ke Italia.

Sang pencuri mengeklaim bahwa itu (Italia) adalah tempatnya. Dia akhirnya ditangkap dan karya seni Renaisans itu dikembalikan ke Louvre. Ada pertanyaan panjang setiap hari, hanya dengan melihat sekilas senyumnya yang terkenal. Dia adalah lukisan paling terkenal dari periode Renaisans, mungkin untuk sepanjang masa.

Perjamuan Terakhir

Karya Seni Renaisans Yang Paling Terkenal Dalam Seni Hingga Hari Ini

Seperti banyak karya seni Renaisans terkenal, Perjamuan Terakhir adalah adegan religius dan menggambarkan perjamuan terakhir Yesus dan dua belas rasulnya. Lukisan dinding karya Leonardo Da Vinci ini bukan lukisan dinding biasa. Dia memutuskan untuk menggunakan cat minyak pilihannya.

Da Vinci dikatakan menyukai minyak karena pengeringannya lambat. Itu memungkinkan dia membuat perubahan dan mengambil pendekatan yang lebih lambat untuk pekerjaan itu.

Leonardo menyadari bahwa jika dia menggunakan cat minyak maka kelembaban alami yang meresap melalui sebagian besar bangunan dinding batu harus disegel. Jika tidak maka itu akan merusak pekerjaannya.

Untuk mengatasi ini dia menerapkan lapisan ganda gesso, damar wangi dan nada. Sepanjang sejarahnya yang panjang, lukisannya harus dipugar beberapa kali. Akibat dari kerusakan lingkungan dan kerusakan yang disengaja, sangat sedikit dari lapisan atas asli lukisan cat minyak yang tersisa.

Penciptaan Adam

Karya Seni Renaisans Yang Paling Terkenal Dalam Seni Hingga Hari Ini

Penciptaan Adam dilukis oleh Michelangelo sekitar 1508 hingga 1512. Karya seni Renaisans ini membentuk gambar sentral di langit-langit Kapel Sistina. Gambar tersebut menggambarkan Tuhan memberikan kehidupan kepada Adam dari Kitab Kejadian, Alkitab.

Karya ini telah menjadi salah satu gambar paling ikonik dan yang paling banyak direproduksi. Luas totalnya kira-kira lebih dari 500 meter persegi. Michelangelo membutuhkan waktu lebih dari empat tahun untuk menyelesaikan salah satu lukisan fresco paling kompleks dan terbesar yang pernah dicoba.

Secara keseluruhan ada sekitar 300 figur, tetapi lukisan Penciptaan Adam berfokus pada Tuhan yang memberikan kehidupan kepada Adam yang mewakili manusia. Adam berbaring di tepi bumi dengan cara yang agak santai dan Tuhan dibawa oleh malaikat-malaikatnya menjangkau Adam untuk memberikan karunia kehidupan melalui sentuhannya.

Primavera

Karya Seni Renaisans Yang Paling Terkenal Dalam Seni Hingga Hari Ini

Sandro Botticelli diyakini melukis Primavera pada 1482, nama dalam bahasa Inggris berarti Musim Semi dan lukisan itu kadang-kadang disebut sebagai ‘Alegori Musim Semi’. Adegan yang sebenarnya dan apa yang diwakilinya menimbulkan banyak perdebatan di antara para sarjana dan komentator seni.

Beberapa mengatakan itu menggambarkan mitos alegori dan yang lainnya tentang perubahan musim. Lukisan ini adalah salah satu contoh karya seni Renaisans terbaik. Tidak hanya diperhatikan karena maknanya, tetapi warna yang digunakan Botticelli dalam lukisan ini juga menarik karena agak mencolok untuk zaman saat lukisan itu dibuat.

Sekolah Athena

Karya Seni Renaisans Yang Paling Terkenal Dalam Seni Hingga Hari Ini

Sekolah Athena adalah lukisan dinding yang dilukis oleh Raphael antara 1509 dan 1511 di Istana Apostolik di Vatikan. Lukisan itu menampilkan hampir semua filsuf Yunani yang penting.

Karya seni Renaisans ini dilukis di Verse della Segnatura, lantai dua sayap utara Istana Vatikan. Ini adalah salah satu dari empat lukisan dinding besar di ruangan itu. Masing-masing dari empat karya itu mewakili cabang pengetahuan manusia yaitu Keadilan, Filsafat, Puisi dan Sekolah Athena.

Penggunaan fitur perspektif banyak dalam komposisi dan mata tertuju pada dua tokoh sentral Plato di sebelah kiri dan Aristoteles di sebelah kanan. Di sebelah kiri adalah filsuf yang mewakili filsafat Plato dan di sebelah kanan adalah filsuf yang mewakili filsafat Aristoteles dengan jumlah complete 50 tokoh dalam lukisan itu.

Kelahiran Venus

Karya Seni Renaisans Yang Paling Terkenal Dalam Seni Hingga Hari Ini

Salah satu karya seni Renaisans terbaik Botticelli adalah “The Birth of Venus”. Lukisan ini menampilkan dewi Romawi Venus saat ia tiba di pantai setelah lahir dengan sepenuhnya tumbuh di laut, ia dilahirkan dengan cangkang raksasa.

Sandro Botticelli bertanggung jawab atas karya seni Renaisans terkenal lainnya yang menggambarkan citra mitologis Primavera. Kedua karya seni besar itu ditugaskan oleh dinasti perbankan yang kuat, Medici, yang merupakan pelindung seni yang sangat kuat di Florence.

Sebelumnya saat ini sebagian besar karya akan dilukis di atas panel kayu tetapi Kelahiran Venus sebenarnya adalah tempura di atas kanvas. Kanvas memiliki keunggulan yang berbeda atas kayu, seperti di iklim lembab kayu memiliki kecenderungan untuk melengkung sedangkan kanvas tidak.

Sistine Madonna

Karya Seni Renaisans Yang Paling Terkenal Dalam Seni Hingga Hari Ini

Sistine Madonna adalah salah satu karya seni Renaisans terakhir Raphael, dia meninggal beberapa tahun kemudian setelah menyelesaikan lukisan ini. Lukisan itu menggambarkan Perawan Maria menggendong bayi Yesus.

Maria terlihat diapit oleh Saint Sixtus dan Saint Barbara, di bawahnya di latar depan adalah malaikat yang menatap ke atas ke arah Maria. Lukisan itu dilukis untuk para Biarawan Benediktin di Biara San Sisto Piacenza, dan digantung di tempat kebanggaan dekat church.

Pada 1754, lukisan ini dibawa ke Jerman kepada Raja Agustus III dari Saxony. Setibanya di Jerman, lukisan itu menyebabkan perdebatan yang mempertanyakan batas antara seni dan agama.

Lukisan itu kemudian pindah ke Moskwa setelah Perang Dunia II dan akhirnya kembali ke Jerman pada 1955. Ini dianggap sebagai salah satu karya seni Renaissance paling terkenal dari Perawan Maria, dan merupakan kelas grasp dari Raphael dalam hal cahaya dan bayangan.

Penghakiman Terakhir

Karya Seni Renaisans Yang Paling Terkenal Dalam Seni Hingga Hari Ini

Penghakiman Terakhir adalah lukisan dinding besar yang dilukis oleh Michelangelo yang menghiasi seluruh dinding Kapel Sistina di Kota Vatikan. Michelangelo membutuhkan waktu lebih dari empat tahun antara 1536 dan 1541, untuk menyelesaikannya.

Itu karena tidak hanya ukurannya tetapi juga kerumitan dan jumlah orang figur di dalamnya. Dia mulai mengerjakannya 25 tahun setelah selesainya langit-langit Kapel Sistina.

Pada tahap itu, dia sudah tua dan menyelesaikan karyanya pada usia 67 tahun. Semula, semua laki-laki dicat telanjang tetapi mereka kemudian ditutupi dengan penambahan dengan pet cat.

Penerimaan pada karya itu awalnya bercampur antara pujian dan kritik. Masalah figur yang telanjang menjadi pokok pembicaraan utama, selain itu juga soal banyaknya tokoh berotot dalam lukisan itu.

Leave a Reply