Kisah Jendral Wanita Pertama Era Jama Kerjaan Tiongkok

Fua Hao adalah wanita pejuang yang diceritakan memiliki sifat berani dan tangguh dari masa Dinasti Shang (1600-1046 SM). Ia lahir di tengah masyarakat Tionghoa tradisional yang mana laki-laki menjalankan tugas yang dominan.

Tidak seperti kebanyakkan perempuan yang tinggal di rumah, Fu Hao justru memimpin pasukan militer untuk melindungi kerajaannya. Dia menang berkali-kali dalam pertempuran militernya, tetapi pertempuran militer keempatnya adalah yang terakhir.

Kala itu, ia bersama pasukan melawan suku Bafang di bagian barat daya Tiongkok. Fu Hao meninggal karena kelelahan setelah penyergapan yang dipersiapkan dengan hati-hati dan terencana dengan baik.

Fu Hao adalah jenderal wanita pertama di Tiongkok, sekaligus permaisuri kerajaan, seorang ibu, dan ahli strategi militer yang sangat terampil. Dia telah berjuang untuk mempertahankan Dinasti Shang di Zaman Perunggu Tiongkok (sekitar 1600–1046 SM).

Dia adalah salah satu dari 60 istri Wu Ding, raja ke-21 dinasti tersebut. Wu Ding melakukan banyak pernikahan dengan berbagai klan untuk mengkonsolidasikan kerajaannya. Meski Fu Hao adalah salah satu dari banyak istri raja tetapi dia terkenal karena keberanian dan kecerdasannya yang tinggi serta mendapatkan kepercayaan raja.

Leave a Reply