Megawati Heran Anak Muda Sekarang Mudah Percaya Hoaks

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri merasa heran dengan anak-anak muda masa kini yang lebih percaya berita bohong atau hoaks. Dia melihat anak-anak muda cenderung enggan mencari tahu kebenaran sebuah informasi di internet.

“Anak-anak muda banyak kan, karena ada internet dan sebagainya, anehnya sekarang kenapa lebih percaya pada hoaks dari pada tidak menanyakan dulu apakah ini benar atau tidak. Selalu, mulai kecenderungan,” katanya dalam webinar dengan tema Dialog Kebangsaan Pembudayaan Pancasila dan Peneguhan Kebangsaan Indonesia di Era Milenial, yang diadakan oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Selasa (10/11).

Presiden RI Kelima ini pun mempertanyakan pemahaman milenial sekarang terhadap Pancasila. Dia lalu mengingatkan bagaimana para pejuang memiliki visi kedepan untuk membangun bangsa.

“Sebetulnya pendalaman pada Pancasila itu seperti apa, lalu bagaimana dulu para pejuang kita mempunyai sebuah tujuan berbangsa dan bernegara ke depan dengan Pancasila itu,” ucapnya.

Mega pun mengulas Bung Karno saat menjadi Presiden RI pertama yang berhasil menyelenggarakan konferensi Asia Afrika pada tahun 1955. Padahal, ketika itu kemajuan teknologi tidak sebesar sekarang.

“Sebagai contoh Bung Karno, sampai bisa bayangkan tahun 1955 membuat konferensi yang sampai saat ini belum bisa dilaksanakan kembali meski kita sudah bisa daring seperti ini. Apa artinya? apakah kita yang ketinggalan atau teknologinya terlalu maju,” tandasnya.