Mengenang Legenda AC Milan karna Gol Ikonik Derby della Madonnina

Hasil gambar untuk mark hateley milan

Alasra.org — Legenda AC Milan, Mark Hateley, mengenang gol sundulan ikoniknya ke gawang Inter Milan menjelang Derby della Madonnina.

Sebagian penggemar AC Milan mungkin sedikit asing dengan nama Mark Hateley, striker asal Inggris yang pernah memperkuat Rossoneri era 1980-an.

Namanya tidak setenar penyerang legendaris AC Milan lainnya, seperti Marco van Basten, George Weah, atau bahkan Oliver Bierhoff.

Namun, Hateley memiliki kisah menarik pada Derby della Madonnina melawan Inter Milan, yang membuat namanya terus diingat. Cerita itu terjadi pada Seri A musim 1984-1985 (Oktober 1984). AC Milan yang saat itu berada di dasar klasemen, menghadapi Inter Milan pada pekan ketujuh.

Pada laga tersebut, AC Milan kebobolan lebih dulu pada menit ke-10 oleh gol Inter Milan yang dicetak oleh Alessandro Altobelli.

Namun, pada menit ke-33, AC Milan berhasil menyamakan kedudukan melalui Agostiono Di Bartolomei.
Il Diavolo Rosso akhirnya memastikan kemenangan 2-1 berkat gol Hateley pada menit ke-63.

Gol tersebut berawal dari kombinasi Franco Baresi dan Pietro Virdis yang diakhiri sundulan Heteley. Hateley memenangi duel udara dengan Fulvio Collovati sebelum menaklukkan kiper Nerazzurri saat itu, Walter Zenga.

Sundulan Hateley itu mengakhiri paceklik kemenangan AC Milan atas Inter Milan sejak 1978. Gol ikonik Hateley sampai dibuat koreo oleh pendukung garis keras AC Milan di tribun selatan San Siro (Curva Sud) pada laga derbi di Serie A musim 2015-2016.

“Saya selalu teringat tentang (gol) itu,” kata Hateley di The Italian Football Podcast, seperti dikutip dari Football Italia, Sabtu (20/2/2021).

“Ada sekitar 90.000 penggemar di stadion (San Siro) hari itu. Alasan (gol) itu selalu dikenang adalah karena Milan melewati masa-masa sulit sebelumnya. Kami belum pernah menang melawan Inter selama enam tahun sebelum pertandingan itu,” ucap Hateley.

“Itu adalah gol ikonik, mungkin salah satunya, jika bukan gol derby Milan terbaik yang pernah ada. Saya senang bisa mencapai itu,” tutur Hateley.

Soal gol sundulannya, Hateley mengaku bahwa dia lebih hebat di udara ketimbang striker AC Milan saat ini, Zlatan Ibrahimovic.

“Tanpa bayang-bayang keraguan, jelas saya,” kata Heteley ketika ditanya siapa yang lebih hebat di udara antara dia dan Ibrahimovic.

Hateley yang pernah memperkuat AC Milan medio 1984-1987 dengan kontribusi 21 gol dari 86 pertandingan, memprediksi AC Milan keluar sebagai pemenang laga derbi akhir pekan ini. “Akan ada gol dalam derby Milan.

Saya akan mempertaruhkan leher saya dan mengatakan kemenangan 2-1 atau 3-2 untuk Milan. AC Milan dan Inter Milan akan berduel dalam laga bertajuk Derby della Madonnina pada giornata ke-23 Liga Italia 2020-2021.

Leave a Reply