Menteri Luar Negeri Retno Mengikuti Rapat ke Markas PBB untuk Bahas Agresi Israel di Gaza

Gaya Baru Retno Marsudi, Rambut Pixie Berponi dan Turban - Cantik Tempo.co

Alasra.org – Menlu Retno Marsudi berangkat ke New york city, Amerika Serikat, pada Selasa (18/5/2021). Retno akan membahas upaya menghentikan agresi Israel di Jalur Gaza, Palestina.

Informasi mengenai bertolaknya Retno ke New York, dibenarkan oleh jubir Kemlu RI, Teuku Faizasyah “Benar (berangkat ke New York),” kata Faizasyah, Rabu (19/5/2021).

Terkait apa saja program detail Menlu Retno di PBB, Faizasyah tak membeberkan. Dia menyebut, jadwal sedang dipersiapkan perwakilan RI di PBB.

“Agenda masih disiapkan Perwakilan Tetap RI di PBB,” ujarnya.

Sejak serangan Israel di Gaza dimulai lebih sepekan lalu, Indonesia berulang kali mengeluarkan kecaman dan meminta kekerasan dihentikan.

Dikutip dari VOA Indonesia, saat Dewan Keamanan PBB menggelar debat terbuka soal Israel-Palestina, Indonesia secara resmi meminta agar PBB mengambil tindakan cepat meredakan ketegangan.

Perwakilan RI di PBB juga menyerukan penghentian tindakan permusuhan serta meminta Israel patuh hukum internasional.

“Dewan Keamanan PBB tidak dapat tinggal diam ketika dikonfrontir dengan ancaman terang-terangan terhadap perdamaian dan keamanan internasional.

Juga ketika terus terjadi aksi kekerasan serta pelanggaran terhadap hukum internasional dan resolusi Dewan Keamanan PBB, karena hal itu akan merusak kredibilitas dan legitimasi dewan,” ucap Dubes Perwakilan Tetap RI untuk PBB di New York, Mohammad Kurniadi Koba.

Leave a Reply