Orang Indonesia Kalahkan Gamer Catur Dunia di Chess.com

Alasan di Balik Pemblokiran Akun Pak Dadang "Dewa Kipas" oleh Chess.com  Halaman all - Kompas.com

Alasra.org – Akun milik pecatur asal Indonesia di platform Chess.com mendadak viral dan ramai diperbincangkan.

Sebab, akun bernama Dewa_Kipas tersebut mengalahkan gamer catur dunia Levy Rozman atau yang lebih dikenal sebagai “GothamChess”.

Sub-forum Reddit yang membahas seputar dunia percaturan, juga ramai membicarakan pertandingan tersebut. Namun, yang membuat heboh adalah akun Dewa_Kipas milik pecatur bernama Dadang Subur tersebut diblokir setelah mengalahkan GothamChess.

Hal tersebut diketahui dari sebuah unggahan pengguna Facebook bernama Ali Akbar. Ia adalah anak dari pemilik akun Dewa_Kipas alias Dadang Subur yang mengalahkan GothamChess.

Dalam unggahan tersebut, Ali mengklaim bahwa akun milik ayahnya diblokir karena dilaporkan oleh penonton yang tidak terima GothamChess dikalahkan Dewa_Kipas.

Pertandingan tersebut memang disiarkan secara langsung melalui akun Twitch milik GothamChess dan ditonton oleh ribuan orang.

Sebagai informasi, GothamChess adalah gamer catur yang kerap melakukan siaran langsung di Twitch dan YouTube.

GothamChess memiliki pengikut (followers) dalam jumlah yang besar, yakni sekitar 346.000 followers di Twitch. GothamChess juga merupakan pemain Chess.com dengan titel “International Master” yang memiliki ELO (rating pemain dalam dunia percaturan) 2.400 dan memiliki 19.000 followers.

Sementara itu, akun Dewa_Kipas memiliki ELO sekitar 2.300, namun, hanya memiliki 8 followers dan belum memiliki titel.

Dalam unggahannya, Ali tak terima akun ayahnya diblokir karena kemenangan yang dinilai “tidak pantas” dan dituduh melakukan kecurangan. Sebab, hal tersebut merupakan penindasan akun Chess.com besar yang memiliki basis penggemar banyak terhadap akun kecil.

Klarifikasi anak Dadang, Ali Akbar, yang tersebar di dunia maya.

Leave a Reply