Pemerintah Beri Bantuan Rp.50jt Untuk Rumah Rusak Berat Akibat Gempa di Malang

POPULER SAINS] Gempa Susulan Malang Kemarin Pagi | Alasan Gorila Menepuk  Dada Halaman all - Kompas.com

Alasra.org – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo meninjau lokasi dampak gempa Malang, Jawa Timur. Dia menyampaikan duka mendalam bagi warga yang terkena dampak gempa dengan magnitudo 6,1 itu.

Dalam kesempatan yang sama, Doni menjanjikan dana stimulan bagi warga yang rumahnya rusak. Bagi rumah rusak kategori ringan akan mendapatkan dana stimulan sebesar Rp10 juta, rusak sedang Rp25 juta dan rusak berat Rp50 juta.

“Rumah warga yang rusak ringan dan rusak sedang bisa dilakukan perbaikan dengan cara pemerintah daerah memberikan usulan kepada BNPB dengan nama dan alamat yang akurat,” katanya melalui keterangan tertulis, Senin (12/4).

Dia mendorong, pemerintah daerah segera mengusulkan permohonan dana stimulan rumah rusak ringan dan sedang kepada pemerintah pusat. Khusus rumah rusak berat akan dikoordinasikan terlebih dahulu dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Selain menjanjikan dana stimulan, Doni meminta masyarakat terdampak gempa bumi di Jawa Timur tidak panik. Meski demikian, masyarakat harus tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap gempa susulan dan gelombang tinggi.

“Kewaspadaan dan kesiapsiagaan dibangun oleh masyarakat itu sendiri. Kepemimpinan perangkat daerah harus bisa mengajak warga untuk lebih siap menghadapi risiko yang akan terjadi,” tutupnya.

Gempa dengan magnitudo 6,1 mengguncang Malang pada Sabtu (10/4) pukul 14.00 WIB. Gempa tersebut mengakibatkan delapan orang meninggal dunia, 39 luka-luka dan 2.830 rumah rusak.

Sementara itu, 16 kabupaten dan kota terdampak gempa. Yakni Kota Blitar, Kota Malang, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Lumajang, Pasuruan dan Blitar. Kemudian Kabupaten Jember, Tulungagung, Batu, Nganjuk, Pacitan, Bondowoso, Trenggalek, Probolinggo dan Ponorogo.

Leave a Reply