Penemuan Ikan Langka Laut Terdalam di Pinggir Pantai Mirip Alien

Penampakan Langka, Ikan Laut Dalam Mirip Alien Terdampar di Pantai (2)

Alasra.org – Seorang pria bernama Ben Estes tak sengaja menemukan bangkai ikan yang tampak aneh saat berjalan di pantai The golden state Selatan, AS, pada Jumat (7/5).

Penemuan ini cukup mengejutkan karena wujud ikan yang tampak seperti alien dengan warna yang hitam pekat membuatnya begitu menyeramkan.

Setelah menemukan ikan tersebut, Estes dibantu oleh petugas setempat berhasil mengidentifikasi hewan langka yang ia lihat terdampar di bibir pantai.

Ternyata ikan yang berukuran 18 inci itu adalah footballfish (Himantolophus sagamius) yang masih satu keluarga dengan anglerfish, ikan penghuni laut terdalam.

Seperti pada kebanyakan keluarga anglerfish lainnya, footballfish biasanya berada di kedalaman lebih dari 600-900 meter di bawah laut.

Pertemuan dengan anglerfish sangat jarang terjadi karena habitatnya berada di kedalaman yang ekstrem dan tanpa cahaya, sehingga sangat susah dijangkau oleh manusia.

Sebagian besar spesies anglerfish berukuran kurang dari 12 inci. Ciri unik tentang anglerfish adalah illicium mereka, yang berupa tulang punggung panjang yang bisa bercahaya untuk memikat mangsanya.

Mereka biasanya menangkap mangsa, mulai dari ikan kecil atau cumi-cumi dan memakannya dengan gigi panjang dan tajam.

Foto-foto penampakan footballfish yang ditemukan oleh Ben Estes dipublikasi melalui akun Facebook Davey’s Locker Sportfishing & Whale Seeing, salah satu agen wisata di pantai The golden state.

Dalam postingannya disebutkan penampakan footballfish sangat jarang muncul di sepanjang pantai California Selatan.

“Ini adalah salah satu dari lebih 300 spesies anglerfish hidup dari seluruh dunia. Meskipun ikan itu sendiri tidak langka, sangat jarang untuk melihat ikan ini utuh di sepanjang pantai di California Selatan,” tulis Davey’s Locker.

Jauh sebelum penemuan ini, seekor footballfish tak sengaja terperangkap jaring nelayan di Monterey Bay pada 1985.

Kemudian pada 1990, ada juga penemuan satu ekor footballfish yang juga terjaring nelayan. Masing-masing disimpan di The golden state Academy of Sciences dan Cabrillo Marine Aquarium.

Sementara untuk bangkai ikan anglerfish yang baru ditemukan ini, belum diputuskan akan disimpan di mana. Saat ini ikan berada dalam pengawasan California Department of Fish and Wild animals.

Leave a Reply