Perjalanan Bagus Kahfi Menuju FC Utrecht

Wawancara Eksklusif Bagus Kahfi Bagian I, Soal Dennis Wise hingga Pesan  Orang Tua Halaman all - Kompas.com

Alasra.com – Bintang muda timnas Indonesia, Amiruddin Bagus Kahfi, saat ini sedang berada di Belanda untuk melanjutkan kariernya bersama tim muda FC Utrecht.

Bagus Kahfi resmi diperkenalkan FC Utrecht sebagai rekrutan anyar pada Jumat (5/2/2021). Bagus Kahfi meninggalkan Barito Putera untuk menerima kontrak satu setengah tahun sampai 2022 dari FC Utrecht.

Striker berusia 19 tahun itu berpotensi membela FC Utrecht sampai 2024 karena ada opsi perpanjangan dua musim dalam kontraknya. Nantinya, Bagus Kahfi bermain di tim U18 FC Utrecht terlebih dahulu untuk menyesuaikan diri dengan program pembinaan tim dan kultur sepak bola Eropa.

Perjalanan Bagus Kahfi hingga kini berhasil menembus pasar sepak bola Eropa terbilang tidak mudah.

Nama Amiruddin Bagus Kahfi mulai dikenal publik sepak bola Indonesia setelah menjadi top skor Piala AFF U16 edisi 2018 dengan koleksi 12 gol dari tujuh laga.

Torehan itu tidak hanya membuat Bagus Kahfi menjadi top skor, tetapi juga turut membantu timnas U16 Indonesia meraih gelar juara Piala AFF U16 2018.

Bagus Kahfi kemudian dipanggil untuk mengikuti program pembinaan Garuda Select yang melakukan pemusatan latihan di Inggris pada Januari sampai Mei 2019.

Setahun berselang, Amiruddin Bagus Kahfi kembali mengisi skuad Garuda Select angkatan kedua yang melakukan pemusatan latihan di Inggris dan Italia.

Amiruddin Bagus Kahfi saat itu sudah berstatus pemain sepak bola profesional setelah menerima kontrak jangka panjang dari Barito Putera.

Pada pertengahan pemusatan latihan Garuda Select Jilid II, Bagus Kahfi sempat menderita cedera parah hingga harus naik meja operasi.

Pemain kelahiran Magelang pada 16 Januari 2002 itu mengalami cedera patah pergelangan kaki hingga pergeseran ligamen saat berduel melawan pemain Reading U18 pada laga uji coba.

Bagus Kahfi saat itu sempat diprediksi harus menepi selama delapan bulan dari Maret sampai November 2020.

Namun, proses pemulihan cedera itu ternyata berjalan lebih cepat sehingga Bagus Kahfi sudah mulai berlatih sejak pertengahan Oktober 2020. Selama cedera, Bagus Kahfi ditangani oleh The Lewin Sports Injury Clinic milik Gary Lewin, mantan fisioterapis Arsenal.

Selain The Lewin Injury Clinic, FC Utrecht juga sempat membantu proses pemulihan Bagus Kahfi. Dari situlah rumor Bagus Kahfi dilirk FC Utrecht mulai berkembang.

Rumor itu sempat menjadi polemik ketika Barito Putera dikabarkan enggan melepas Bagus Kahfi ke FC Utrecht pada awal 2021.

Namun, drama itu pada akhirnya berujung manis karena Bagus Kahfi kini sudah resmi mendapat kontrak dari FC Utrecht.

Leave a Reply