Shopee Liga 1 Vakum, Bek Persebaya Berangsur Sembuh Cedera ACL

Bek Persebaya, Mokhamad Syaifuddin, berangsur pulih dari cedera yang dialaminya. Dia terkena arterior cruciate ligament (ACL) pada lutut kanan saat kompetisi Shopee Liga 1 2020 berlangsung Maret lalu.

Selama ini, cedera ACL menjadi momok bagi pesepak bola. Sebab, sang pemain harus menjalani operasi dan proses dalam waktu berbulan-bulan untuk penyembuhan. Setelah hampir delapan bulan, kondisi Syaifuddin kini berangsur membaik.

“Alhamdulilllah, kondisi saya sudah membaik. Kalau tidak ada pandemi, saya sudah ikut latihan. Tapi, masih di pinggir lapangan untuk penguatan dan pengembalian kondisi,” kata Syaifuddin kepada Bola.com.

“Saya sekarang masih latihan mandiri didampingi fisioterapis. Sejauh ini, saya sudah bisa lari sampai sprint 100 meter. Tapi, kalau untuk masuk dalam game masih belum bisa,” imbuh pemain berusia 28 tahun tersebut.

Syaifuddin mengalami cedera ini bukan dalam pertandingan. Ini terjadi justru saat dia melakoni sesi latihan bersama Persebaya dan mengalami benturan sehingga membuat lutut kanannya bermasalah pada Maret 2020 lalu.

Ini jadi kali pertama buat pemain asli Surabaya tersebut mengalami cedera yang cukup parah. Jika kompetisi tidak berhenti, Syaifuddin sangat mungkin terpaksa melewatkan banyak pertandingan yang dimainkan Bajul Ijo.

“Cedera ini sebenarnya didapat sewaktu latihan, saya benturan dengan Mahmoud. Sempat masih bisa bertanding. Tapi, saya mengalami benturan lagi di latihan. Terus, dokter mendiagnosis saya kena ACL. Saya juga sudah menjalani operasi April lalu,” ucapnya.

“Pandemi COVID-19 ini ada hikmahnya juga buat saya. Saya lebih fokus untuk penyembuhan. Karena penyembuhan ACL ini memang tidak membutuhkan waktu yang singkat,” tutur mantan pemain Timnas Indonesia U-23 itu.