Smartfren Tingkatkan Kapasitas Jaringan ke Wilayah Pemukiman

Pandemi Covid-19 mendorong perubahan besar dalam pemanfaatan internet. Seiring perubahan tersebut, Smartfren mencatat terjadi peningkatan traffic di berbagai wilayah operasional, dengan kenaikan tertinggi di wilayah-wilayah pemukiman. Maka itu, Smartfren terus melakukan peningkatan kapasitas, coverage serta optimasi jaringan.

Berdasarkan catatan Smartfren, pada paruh kedua 2020 kenaikan traffic secara nasional tercatat mencapai 24 persen dibandingkan dengan paruh pertama 2020. Kenaikan traffic terbesar terjadi di Samarinda mencapai 58 persen, kemudian Semarang mencapai 38 persen dan Balikpapan mencapai 36 persen. Begitu pula terus dilakukan penambahan kapasitas jaringan yang kini sudah meningkat 29 persen sekaligus perluasan coverage 4G yang sudah mencapai 21 persen secara nasional.

“Kenaikan traffic ini rata-rata terjadi memang karena perubahan perilaku masyarakat yang banyak masuk ke ranah digital, mulai dari kegiatan sekolah hingga bekerja. Namun tidak perlu khawatir terjadi kepadatan karena perubahan ini bisa ditangani dengan baik. Smartfren pun terus memperluas coverage serta melakukan optimasi jaringan. Sekarang kita sudah mengoptimasi 42 persen dari keseluruhan network, dan masih terus bertambah. Selain itu kami juga menerapkan berbagai teknologi yang memungkinkan akses internet berkecepatan tinggi,” jelas Munir Syahda Prabowo, VP Technology Relations and Communications Smartfren.

Implementasi Teknologi
Saat ini Smartfren telah menerapkan sejumlah teknologi pada seluruh aspek network, yaitu multiple carrier, milimeter wave, small cell, 4×4 MIMO, Beam Forming, Full Duplex, serta 256 QAM. Semuanya berperan dalam memberikan koneksi internet terbaik yang membuat pelanggan mendapat akses berkecepatan tinggi, stabil, serta mencapai 4G+ pada gadget yang mendukung.

Sukaca Purwokardjono, Deputy CEO Mobility Smartfren mengatakan, keunggulan network Smartfren diklaim saat ini sudah bisa dirasakan semua orang, apalagi dengan jaringan yang 100 persen 4G sehingga lebih stabil. Namun pelanggan dengan gadget tertentu yang mendukung teknologi network tersebut bisa mendapatkan manfaat lebih besar.

“Misalnya pengguna iPhone 11 Pro dan Pro Max, iPhone SE, atau Samsung Galaxy Note 20 yang bisa memaksimalkan kecepatan download up to 540 Mbps,” ungkap Sukaca.

Kemudian dari sisi produk, pelanggan juga sudah bisa merasakan inovasi terbaru Smartfren berupa KuotaNonstop dan eSIM Smartfren. Kuota Nonstop unggul dengan fitur kuota utama 24 jam untuk semua aplikasi serta akses internet nonstop setelah kuota utama habis; sedangkan eSIM Smartfren terbaru sudah bisa dipesan secara digital tanpa harus keluar rumah sama sekali.

Leave a Reply