Tahukah Anda Moge Sekarang Seperti Motor Bebek, dan Honda Telah Mempatenkan Teknologi nya

Honda patenkan teknologi transmisi terkini. Pabrikan berlogo sayap itu mempersiapkan transmisi semi otomatis buat Honda CB1100.

Jadi motor berkapasitas besar itu tidak butuh gunakan dongkel kopling buat perpindahan giginya, mendekati semacam yang sempat diaplikasikan pada motor angsa lawasnya.

Ini ialah pengembangan yang lalu dicoba Honda buat membagikan rasa nyaman serta aman untuk pengendaranya. Sistem terpaut dengan perpindahan energi dari mesin ke cakra balik terkini, ialah pengembangan dari kemampuan transmisi Hondamatic yang sempat muncul di CB750 lansiran 1976, ataupun lebih dari 4 puluh tahun yang kemudian.

Teknologi yang sempat dipakai pada masa 70- an hadapi kemajuan serta sedikit menyamai Dual Clutch Transmission( DCT). Semacam kita ketahui, Honda jadi salah satu pabrikan yang lumayan mutahir dalam menggunakan teknologi DCT yang telah berintegrasi dengan ECU. Walaupun sedemikian itu, sistem ini dikira memiliki berat berat.

Sistem transmisi DCT sudah diaplikasikan ke sebagian produk Honda serta yang paling mutahir, mahal, dan sedikit kompleks. Semacam Honda Vultus, X- ADV hingga Africa Twin. Hingga itu pihak pabrikan mengajukan permohonan paten buat transmisi semi otomatis terkini yang melenyapkan dongkel kopling. Dengan cara mekanis jauh lebih ekonomis serta lebih simpel dibanding konsep tadinya.

Buat semi otomatis yang direncanakan terpasang pada CB1100, senantiasa mempunyai pengaturan gearbox 6- percepatan konvensional. Tambahannya diserahkan quickshifter atas dasar yang lebih modern serta dikendalikan oleh pc. Teknologi ini dapat saja diaplikasikan ke moge lain sebab memiliki wujud lebih kecil serta enteng.

Bagian yang ada di teknologi ini relatif sedikit dibandingkan DCT. Part kuncinya suatu aktuator yang terlatak di atas mesin ataupun balik steering head serta bagian katup dekat gearbox. Perlengkapan mekanis buat menggerakkan ataupun mengendalikan suatu metode ini pada dasarnya ialah ahli silinder( kopling hidrolik), tetapi telah lewat cara perubahan.

Leave a Reply