Tanda Tanda Bahwa Sepeda Motor Perlu Mengganti Komponen Busi

Komponen busi memainkan peran penting dalam kinerja pengapian mesin sepeda motor. Meskipun memiliki umur panjang, pemilik sepeda motor harus memperhatikan tanda bahwa busi masuk saat mengganti busi baru.

Kriteria utama adalah penggunaan sepeda motor. Pemilik mesin dapat melihat kondisi busi lebih tepat, terutama selama pekerjaan perawatan rutin jarak sekitar 10.000 km. Tanda yang biasa ditemukan pada busi mesin adalah kerak pada konduktor.

“Busi dipastikan tidak layak untuk digunakan jika ujung atau konduktor berwarna kehitaman cukup lama untuk habis,” kata tim pemasaran pabrikan Komponen sepeda motor, Heribertus.

Dampak langsung dari kerak dan bercak hitam pada bagian konduktor ini adalah penurunan performa mesin. Gejala brebet bahkan muncul di mesin saat pengemudi berakselerasi. Jika motor dipaksakan, ia dapat mati segera dan sulit untuk memulai kembali.

Mengganti komponen dengan yang baru dan melakukan pemeriksaan di bengkel terdekat adalah solusi untuk masalah busi. Selain itu, pengendara sepeda motor dapat mempertahankan umur busi dengan mempertahankan akselerasi selama berkendara harian.

Leave a Reply