Upaya Evakuasi Kapal Kargo Besar yang Memblokir Terusan Suez Belum Berhasil

Perlu Beberapa Pekan untuk Pindahkan Kapal yang Blokir Terusan Suez

Alasra.org – Upaya untuk mengapungkan kembali kapal kargo yang terdampar dan memblokir Terusan Suez pada Jumat (26/3) waktu setempat telah gagal. Hal ini dipastikan perusahaan pengaturan teknis kapal, Bernhard Schulte Shipmanagement (BSM).

Perusahaan itu mengatakan, tim penyelamat Belanda dari Smit Salvage telah mengkonfirmasi dua kapal tunda tambahan akan tiba pada Minggu (28/3) waktu setempat untuk membantu mengapungkan kembali kapal bernama MV Ever Given tersebut.

“Fokusnya sekarang pada pengerukan untuk menghilangkan pasir dan lumpur dari sekitar sisi pelabuhan haluan kapal,” kata BSM dalam sebuah pernyataan dikutip dari Reuters, Sabtu (27/3).

Sebuah kapal keruk khusus yang dapat memindahkan 2.000 meter kubik material per jam tiba pada Kamis (25/3). Sementara pengaturan pompa berkapasitas tinggi sedang dibuat untuk mengurangi permukaan air di ruang depan kapal dan ruang pendorong haluan. pernyataan itu menambahkan.

Investigasi awal BSM menunjukkan kapal kargo itu terdampar karena angin kencang. Posisi kapal dalam kondisi berbelok ke samping, sehingga kapal lain yang akan melintas terhalang.

Selain itu ada dugaan upaya mengesampingkan kerusakan mekanis atau mesin saat kapal itu transit di kanal pada Selasa (23/3).

Kapal kargo milik perusahaan Jepang, Shoei Kisen Kaisha, ini memiliki 25 ABK yang semuanya adalah warga negara India. Mereka saat ini masih di kapal dan dalam keadaan sehat.

Upaya evakuasi kapal kargo ini juga mendapat perhatian dari Amerika Serikat. Militer AS siap dikerahkan jika memang otoritas Mesir meminta bantuan.

“Sebagai bagian dari dialog diplomatik aktif kami dengan Mesir, kami telah menawarkan bantuan AS kepada otoritas Mesir untuk membantu membuka kembali kanal,” kata juru bicara Gedung Putih, Jen Psaki dikutip dari Reuters, Sabtu (27/3).

Leave a Reply